Inspirasi dari Tukang Fotokopi.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menjelaskan kebijakan luar negeri AS ataupun perang melawan terorisme. Karena, saya yakin sudah banyak profesor ataupun mereka yang bertitel doktor lebih fasih menjelaskan hal itu. Inti dari tulisan di blog saya ini terinspirasi oleh seorang fotocopy yang sudah uzur dan makan asam garam.

Hari ini adalah hari terakhir pengumpulan draft jurnal untuk mata kuliah Prof. Yan Yan. Sudah menjadi kebiasaan saya untuk selalu menjilid tugas saya di tempat fotokopi depan kampus. Tukang fotokopi itu namanya Edi. Saya selalu memanggilnya Wa Edi sebagai bentuk panggilan hormat saya. Umurnya sekitar 70-an. Saya baru mengenal beliau selama tiga bulan ini. Saya selalu berusaha meluangkan waktu untuk mengobrol dengan mereka yang menjual jasa seperti tukang fotokopi. Alasannya, biar akrab dan bisa mengenal manusia beserta kehidupannya dari banyak sisi.

Hari ini saya mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. Hari ini, tidak seperti biasanya Wa Edi menyampaikan unek-uneknya. Biasanya beliau jarang sekali bebrbicara serius seperti itu. Judul draft jurnal saya adalah Kebijakan Luar Negeri AS terhadap Israel: Perang Melawan Terorisme. Ketika Wa Edi sedang sibuk menjilid, tiba-tiba ia bertanya, “Cep, lebih bagus mana perang melawan terorisme atau perang melawan koruptor?”

Secara diplomatis saya jawab, “Kalo kata saya mah, mending koruptor Wa. Da urang mah tinggal di Indonesia.”

Tah, ieu nu aneh di Indonesia mah”, kata Wa Edi. “Naon bedana koruptor jeung maling?

Saya jawab, “Gak ada bedanya Wa. Sarua maok duit.”

“Koruptor itu sama dengan maling gk ada bedanya. Hukumannya juga harus sama. Dina Islam oge, nu maling mah potong tangan. Jadi koruptor oge kuduna potong tangan”, katanya dengan semangat.

Wow! Sejujurnya saya kaget Wa Edi bercerita dengan berapi-api seperti itu. Biasanya dia humoris dan tenang. Wa Edi lalu melanjutkan, “Cep apal teu? Mun elmu nu Cep Iqbal tungtut the, teu kabehanana bener.” Logika akademisi saya melawan, “ Teu bisa Wa. Kan elmu ieu ge keur kamashalatan jelema.”

 

“Iya saya tahu. Elmu ieu teh bisa leungit iraha wae. Da ieu mah buatan jelema. Nu moal leungit mah elmu Allah. Ayana dina Al-Quran jeung hadist.”

Kontan saja, saya tersentak dan termenung. “Yeuh Cep, Wa Edi nanya ayeuna, pentingan mana Iman heula atawa Solat?”

“Penting Iman Wa.”, kata saya.

Leres. Ayeuna mah seueur urang Islam nu solat, tapi angger weh korup. Hartina, solat the ngan senam hungkul. Euweuh imanna. Da iman nu sajati mah yakin yen Gusti Allah teu sare, ningali kana sagala kalakuan urang. Mun iman urang geus nepi ka tahap eta, urang bakal sieun maling, urang bakal solat kanggo Gusti Allah, urang moal daek jadi penjahat.”

“ Hiji deui Cep. Ulah sok adigung mun tos janten magister. Seueur profesor nu teu eling kulantaran teu emut ka Allah. Jelema nu nuturan kana logika wae disebut jelema nu jadi budak hawa nafsu.”, lanjutnya.

“Tetep, saalus-alusna elmu dunya, moal bisa ngalahkeun elmu Allah. Da kabeh elmu teh asalna ti Allah. Nu ku urang meunangkeun mah ngan saeutik.”, katanya sembari memberika tugas yang sudah dijilid.

Jujur saja, setelah percakapan itu saya benar-benar terhenyak. Percakapan itu menjadi tamparan sekaligus cermin bagi saya. Terkadang, kita manusia urban yang selalu merasa teredukasi sering melalaikan ilmu-ilmu Allah yang tersimpan pada rakyat kecil seperti Wa Edi. Logika rasional, sering kita jadikan justifikasi terhadap sesuatu yang belum tentu benar. Peliknya masalah di Indonesia memang tidak terlepas dari minimnya kuriositas terhadap ilmu-ilmu Allah. Terkadang kita terlalu mengagungkan logik Barat untuk menjatuhkan nilai-nilai fundamental ke-Timuran kita.

Semua ilmu itu datangnya dari Allah. Semoga saja ini bisa menjadi inspirasi bagi saya dan siapapun yang membaca tulisan ini. Mohon maaf bila tulisan ini dicampuradukkan dengan Bahasa Sunda, karena penulis tidak ingin kehilangan keaslian cerita.

foto source:http://yusuf1710.wordpress.com/2011/10/03/tukang-fotokopi-ini-sedang-melayaniku/Image

Leave a comment